Senin, 01 Oktober 2018

VISI, MISI, PEMBAGIAN TUGAS DAN MEKANISME PENGELOLAAN DKM MASJID





DEWAN KEMAKMURAN MASJID
MASJID AL-MUKHLISIN
Alamat : Komp. Perumahan PMKS Pulai KM. 14.5 Simpang Kanan,
Desa Tanjung Simpang Kec. Pelangiran Kab. Indragiri Hilir – Riau





VISI, MISI, PEMBAGIAN TUGAS DAN MEKANISME PENGELOLAAN DKM MASJID
 


I.      VISI
Mewujudkan Masjid sebagai Pusat Ibadah Ritual (Mahdhah) dan Sosial (Ghair Mahdhah)

II.    MISI
1.       Meningkatkan kualitas Iman dan Taqwa (IMTAQ) warga PMKS Pulai dan sekitarnya
2.       Mewujudkan Sarana dan Prasarana Pendukung Tempat Ibadah yang Mempuni
3.       Mewujudkan Masjid sebagai Pusat Kegiatan Sosial Keagamaan.
4.       Menyiapkan Kaderisasi untuk Masa Depan Ummat sebagai Upaya menyiapkan Generasi Penerus Agama dan Bangsa.

III.  PEMBAGIAN TUGAS (JOB DESCRIPTION)

  1. DEWAN PENASEHAT
Pelindung tidak diikutsertakan dalam struktur, hal ini disebabkan Masjid tersebut berada dalam HGU Perusahaan PT. TH Indo Plantations sehingga hanya dibentuk Dewan Penasehat. Memberikan nasehat dan masukan/saran terkait Pengambilan Keputusan dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program kerja yang telah disusun secara bersama serta Pengelolaan Masjid selama Kepengurusan Pengurus DKM Masjid Al-Mukhlisin periode 2018-2023.

  1. KETUA UMUM
a.       Bertanggungjawab dalam menjalankan seluruh keputusan yang telah disepakati secara bersama dalam pengelolaan DKM Masjid berbasis masyarakat (perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi).
b.       Mewakili organisasi ke dalam dan keluar
c.       Mengevaluasi semua kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus
d.       Menandatangani surat-surat organisasi; termasuk surat/nota pengeluaran uang/dana/harta kekayaan organisasi
e.       Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan seluruh tugas organisasi kepada jamaah secara berkala.
f.        Bertanggungjawab dalam Pengelolaan Asset milik Masjid baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak.
g.       Membangun hubungan dengan pihak eksternal baik pihak pemerintah, perusahaan maupun pihak-pihak yang berkaitan dengan organisasi Masjid seperti MUI, Dewan Masjid Indonesia dan KUA.
  1. WAKIL KETUA UMUM
a.       Mewakili Ketua Umum apabila yang bersangkutan tidak hadir atau tidak ada ditempat.
b.       Membantu Ketua Umum dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.
c.       Melaksanakan tugas atau program tertentu berdasarkan musyawarah.
d.       Melaporkan dan mempertanggung jawabkan pelaksanaan tugasnya kepada Ketua Umum.
  1. SEKRETARIS UMUM
a.       Mewakili Ketua dan Wakil Ketua apabila berhalangan
b.       Bertanggungjawab secara keseluruhan terhadap administrasi DKM Masjid.
c.       Membuat dan mendistribusikan undangan
d.       Mendokumentasikan seluruh kegiatan khususnya Pertemuan/musyawarah yang dilengkapi daftar hadir dan berita acara hasil pertemuan.
e.       Mengerjakan seluruh pekerjaan kesekretariatan, yang mencakup: Surat-menyurat dan pengarsipannya, memelihara daftar jam’ah/majelis ta’lim, dll.
f.        Membuat laporan berkala (bulanan, per tiga bulanan, per semester atau pertahun) Pengurus DKM Masjid terhadap program yang sudah diimplementasikan maupun yang belum.
g.       Bersama-sama Ketua, Bendahara dan Ketua bidang Membuat proposal untuk diusulkan kepada pihak donator dalam rangka mendukung kegiatan-kegiatan pengembangan Masjid Al-Mukhlisin, baik aspek fisik maupun non fisik.
h.       Menyusun laporan berkala (persemester, akhir tahun dan akhir periode)  Pengurus DKM Masjid yang sumbernya berasal dari program/kegiatan yang telah diimplementasikan maupun yang belum untuk dipertanggungjawabkan secara bersama, melalui konsultasi dengan Ketua, bendahara dan ketua setiap bidang-bidang.
  1. BENDAHARA UMUM
a.       Bertanggungjawab secara teknis terhadap aspek pengelolaan keuangan DKM Masjid.
b.       Mengatur alur masuk dan keluar keuangan DKM Masjid serta membuat kebijakan keuangan DKM Masjid berdasarkan persetujuan Ketua Umum Pengurus DKM Masjid dalam menjalankan mandat kesepakatan bersama Pengurus DKM Masjid .
c.       Memegang dan memelihara harta kekayaan organisasi, baik berupa uang, barang-barang inventaris, maupun tagihan.
d.       Menerima, menyimpan dan membukukan keuangan, barang tagihan dan surat-surat berharga lainnya.
e.       Menyimpan surat bukti penerimaan dan pengeluaran
f.         Membuat laporan keuangan secara berkala (setiap jumat, persemester, pertahun dan akhir masa periode kepengurusan Masjid) ditandatangani bersama dengan Ketua Umum.

  1. BIDANG-BIDANG
a.       BIDANG IBADAH DAN DA’WAH
1.       Bertanggungjawab secara teknis dalam mengimplementasikan program dan atau kegiatan  Ibadah dan Da’wah
2.       Mengatur, Mengontrol dan Berkoordinasi dengan korps Muballigh (MUI, KUA, dll) untuk pelaksanaan sholat harian, Jumatan, Ramadhan, ‘Idul Fitri dan Adha.
3.       Mengontrol Imam Tetap Masjid dan Menyusun Imam Cadangan.
4.       Membuat Pelatihan Imam, Khatib, Bilal dan Sholat Janazah.
5.       Membuat himbauan kepada jama’ah tentang keutamaan sholat berjama’ah di Masjid.
6.       Mengundang Jama’ah luar (Jama’ah Tabligh) untuk mengajak jama’ah agar bisa sholat berjama’ah di Masjid.
7.       Mengkoordinir dan mengorganisir kegiatan rutin Pengajian Islam tentang Fiqh dan Tauhid.
8.       Mengadakan Dzikir berjama’ah dan ajakan untuk sholat Dhuha.
9.       Melakukan konsultasi dengan Ketua Pengurus DKM Masjid dalam menjalankan program kegiatan yang telah disusun secara bersama melalui program kerja Pengurus Masjid atau hal-hal lain yang sangat penting terkait bidang Ibadah dan Komunikasi Ummat.
10.   Membuat laporan kegiatan setiap selesai satu sub. kegiatan, diketahui oleh Ketua Umum DKM Masjid kemudian dilaporkan kepada jamaah.

b.      BIDANG PENDIDIKAN DAN PEMBINAAN UMMAT
1.       Bertanggungjawab secara teknis dalam mengimplementasikan program/kegiatan  Pendidikan dan Pembinaan Ummat.
2.       Program Mengaji Dewasa minimal Sebulan Satu Juz Perjama’ah (One Month One Juz One Man), Satu Malam Langsung Khatam, dan Tadarus Selama Ramadhan.
3.       Mengkoordinir dan mengorganisir kegiatan rutin jama’ah yasinan, Berzanji dan Seni Tilawatil Qur’an.
4.       Menghidupkan Taman Pendidikan Al-Qur’an anak-anak yang terdiri dari : Belajar Membaca, Tajwid, hapalan ayat pendek dan Seni Al-Qur’an, Belajar sholat, Belajar Syarhil Qur’an dan Didikan Subuh.
5.       Membina anak-anak tentang Adab (Sopan dan Santun) selama berada di Rumah, Masjid atau Musholla, Sekolah dan lingkungan tempat tinggal, mengarahkan waktu penggunaan Handpone yang seharusnya, cara berpakaian sesuai dengan sunnah Rasulullah.
6.       Mengadakan Pelatihan Pesantren Kilat tingkat SD, SMP dan SMK
7.       Study banding dengan masjid baik yang berada disekitarnya maupun diluar HGU.
8.       Melakukan konsultasi dengan Ketua Pengurus Masjid dalam menjalankan program kegiatan yang telah disusun secara bersama melalui program kerja Pengurus DKM Masjid atau hal-hal lain yang sangat penting terkait bidang pendidikan dan Pembinaan Ummat.
9.       Membuat laporan kegiatan setiap selesai satu sub. kegiatan, diketahui oleh Ketua Umum DKM Masjid kemudian dilaporkan kepada jamaah.

c.       BIDANG PERINGATAN HARI BESAR ISLAM DAN HUBUNGAN MASYARAKAT
1.    Menjadwalkan Pelaksanaan semua Peringatan Hari Bersar Islam mulai dari Menyanbut Tahun Baru, 10 Muharram (‘Asyuro), Maulid Nabi, Isro’ Mi’raj, Nuzulul Qur’an, Pelaksanaan Sholat ‘Idul Fitri dan Adha.
2.    Mencari Peserta Qurban untuk setiap tahunnya dan membuat standar pembagian dan berkoordinasi dengan Masjid atau Musholla terdekat agar bisa menghimpun semua yang harus terdata dan berhak mendapatkannya.
3.    Mengadakan sunat masal untuk karyawan dan masyarakat sekitarnya.
4.    Mengkoordinir dan melaksanakan mengurus zakat, qurban, kematian, menjengok orang sakit, ta’ziah, membantu fakir miskin atau yatim piatu
5.    Mensosialisasikan setiap program dan kegiatan Masjid dalam berbagai media.
6.    Melakukan konsultasi dengan Ketua Pengurus Masjid dalam menjalankan program kegiatan yang telah disusun secara bersama melalui program kerja pengurus masjid atau hal-hal lain yang sangat penting terkait bidang pengembangan sarana dan prasarana.

d.      BIDANG PERLENGKAPAN DAN PEMELIHARAAN INVENTARIS ASSET MASJID
1.       Mengadakan Perlengkapan DKM Masjid  sesuai spesifikasi yang dibutuhkan dalam pelaksanaan program/kegiatan DKM Masjid yang sudah dirumuskan secara bersama.
2.       Memelihara sarana dan prasarana Masjid termasuk menata pekarangan/halaman dan Mengontrol Kebersihan Masjid.
3.       Membuat Sablon untuk Batas Suci, Sholat Harap Tenang, Gambar Shaff Lurus dan Rapat, dan sebagainya yang dipandang perlu.
4.       Mengadakan dan Merehabilitasi serta Memelihara Perlengkapan  DKM Masjid yang sudah ada. (elektronik, meubler, peralatan kebersihan, peralatan dapur, peralatan pertanian dan pertukangan, perpustakaan, dll) minimal setiap 6 bulan sekali.
5.       Mengusulkan perlengkapan Masjid yang dibutuhkan melalui Ketua Umum Pengurus DKM Masjid, tetapi tidak dirumuskan sebelumnya pada saat penyusunan program kemudian selanjutnya untuk diputuskan secara bersama oleh Pengurus DKM Masjid.
6.       Membuat laporan kegiatan setiap selesai satu sub. kegiatan, diketahui oleh Ketua Umum DKM Masjid kemudian dilaporkan kepada jamaah.
7.       Melakukan konsultasi dengan Ketua Umum Pengurus DKM Masjid dalam menjalankan program kegiatan yang telah disusun secara bersama melalui program kerja Pengurus DKM Masjid atau hal-hal lain yang sangat penting terkait bidang Perlengkapan dan pemeliharaan inventaris Asset Masjid.

IV.                MEKANISME PENGELOLAAN MASJID
1         Prinsip-prinsip yang dianut dalam mengelola masjid adalah:
a.       Transparansi
Pengelolaan DKM Masjid dilakukan atas dasar keterbukaan kepada seluruh pihak sebagai wujud pertanggungjawaban atas sumberdaya yang dikelola oleh DKM Masjid.

b.      Partisipatif
Proses pengelolaan Masjid mulai Perencanaan, Pelaksanaan, Monitoring dan Evaluasi dilakukan secara bersama oleh seluruh komponen khususnya yang berada di sekitar masjid sebagai wujud kepemilikan bersama (ownership) terhadap Masjid.

c.       Akuntabel
Seluruh kegiatan yang dilakukan di Masjid harus dipertanggungjawabkan kepada seluruh pihak yang berkonstribusi terhadap Masjid (shareholder), baik dari pihak pemerintah, Perusahaan, maupun kepada masyarakat/jamaah itu sendiri.

d.      Responsif
Seluruh masukan dari para pihak perlu dipertimbangkan, khususnya yang terkait dengan kepentingan ummat lalu kemudian direspon secara cepat. 

2         Setiap unit otonom menyampaikan rencana program/kegiatan secara berkala (setiap 6 bulan atau setahun sekali) kepada Pengurus DKM Masjid
3         Setiap unit otonom membuat laporan kegiatan secara berkala kepada Pengurus DKM Mesjid (setiap 6 bulan dan atau setahun sekali)
4         Program kerja Pengurus DKM Masjid disusun secara bersama setiap awal tahun berjalan dan dilaporkan setiap akhir tahun.
5         Setiap Program/kegiatan yang akan dilaksanakan diawali dengan pertemuan persiapan dan  pembentukan panitia pelaksana kegiatan.
6         Setiap selesai satu kegiatan panitia membuat laporan kepada Ketua Umum Pengurus DKM Masjid (Kegiatan & keuangan) selanjutnya dilaporkan kepada jamaah.
7         Seluruh bentuk transaksi keuangan disertai dengan bukti/nota/kuitansi yang dapat dipertanggungjawabkan.
8         Laporan Keuangan Masjid dilaporkan secara berkala setiap Jumat, Malam Ramadhan dan laporan akhir periode kepengurusan.

Demikian Visi, Misi, Pembagian tugas ( job description)  dan mekanisme pengelolaan masjid menjadi acuan bersama dalam menjalankan tugas dan fungsi pengurus masjid untuk mewujudkan masjid sebagai wadah mempersatukan umat yang berkualitas, moderat dan toleran.  Semoga Allah Swt meridhoi kita semua.

Pelangiran, 1 Oktober  2018

PeNGURUS DKM MASJID AL-MUKHLISIN
PERIODE OKTOBER 2018 – OKTOBER 2023



AIDIL FITRI, SP                      SURYA DIAFRI MADANI, S. Pd
                           Ketua Umum                                                        Sekretaris Umum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar